TUGAS 1 PENGEMBANGAN KARAKTER

1. Menurut saya nilai yang terpenting bagi kesejahteraan masyarakat adalah keadilan (natural justice) dan suka menolong (helpful) karena dari keadilan kita dapat mengetahui hal yang baik dan buruk dalam masyarakat, sehingga kita mengetahui prilaku yang merugikan orang lain seperti mengambil yang bukan haknya itu merupakn sesuatu yang tidak baik, selain itu dari nilai ini juga akan tumbuh pula karakter jujur, dan tanggung jawab dari diri seseorang sehingga setiap orang dapat memenuhi kewajiban serta haknya masing-masing. Dengan suka menolong kita senantiasa selalu memiliki keinginan untuk menolong orang lain tanpa pamrih sehingga secara tidak langsung dan tanpa disadari kita telah membantu orang lain yang membutuhkan misal dalam bantuan materi maupun moril dengan demikian tidak hanya saya yang menikmati buahnya lingkungan masyarakat sekitar saya pun hidup sejahtera.

2. Menurut saya masyarakat madani (civil society) di Indonesia masih belum sepenuhnya ada, walaupun negara kita telah menganut paham demokrasi, hal ini dikarenakan Negara Indonesia memiliki latar belakang Negara yang terdiri atas suku, agama, serta adat istiadat yang majemuk sehingga kurang meratanya pengetahuan tentang masyarakat madani, misal dilihat dari sistem pendidikan pun Indonesia masih jauh tertinggal dari Negara tetangga, kemudian kurangnya kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara serta keterikatan dengan nilai-nilai atau norma hukum yang dipatuhi masyarakat

3. Bekerja keras merupakan karakter yang penting untuk bangsa ini karena dengan bekerja keras bangsa ini dapat mengejar dari ketertinggalan bangsa lain. Hal ini juga merupakan suatu bentuk kesadaran bagi para generasi muda dalam menanamkan bela negara agar bangsa ini tidak terus hanya berkembang dan dijajah oleh bangsa lain.

4. Hal yang perlu dilakukan di tingkat individu, keluarga, masyarakat dan negara yakni adanya kesadaran untuk mau berubah dari paradigma karakter yang kurang menguntungkan atau tertinggal ke arah karakater yang lebih baik dengan dilakukan secara eksplisit (terencana), terfokus, dan komprehensif agar mencapai kemajuam peradaban di Indonesia , Negara juga perlu meningkatkan di segala aspek khususnya dalam pendidikan, hukum, dan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s